9/13/2012

Bertanam 5 Tanaman Herbal Kuliner Populer di Rumah

Tanaman herbal nggak hanya digunakan sebagai obat tapi juga digunakan untuk kuliner sejak ribuan tahun lalu. Kebanyakan dari tanaman herbal menghasilkan aroma dan rasa yang unik. Menanam dan merawat tanaman herbal sebenarnya jauh lebih mudah daripada jenis tanaman lain misalnya tanaman bunga dan buah. Tanaman herbal alaminya adalah tanaman liar. Jadi, dalam perawatannya mereka nggak ribet dan bisa dibilang mereka cukup 'bersahabat' dengan jenis tanaman lain.

Seperti jenis tanaman lain, pertumbuhan terbaik herbal adalah ketika mereka ditanam diluar ruangan. Tapi nggak perlu khawatir bagi para pehobi yang punya lahan terbatas. Saya pun sedang gandrung mengoleksi tanaman herbal kuliner dengan memanfaatkan ruangan yang terbatas adanya. Kamu dapat menanam herbal di dalam ruangan seperti di dekat jendela, kabinet dapur, dan tempat manapun selama tanaman herbal mendapatkan cukup sinar matahari dan air. Kalau kamu tipe individu yang peduli dengan estetika interior, penataan dan penggunaan pot atau vas tanaman yang tepat dapat mempercantik ruangan.

Nah!, ini nih 5 herbal kuliner yang bisa kamu tanam di rumah: 

1. Parsley
Herbal kuliner yang ini selain dapat mempercantik ruangan  juga biasanya dipakai untuk garnish atau hiasan pada sup, salad, ayam panggan, dan jenis makanan lainny. Menanam parsley dari benih membutuhkan usaha yang lebih ketimbang menanamnya dari stek. Kalau mau lebih mudah, kamu bisa membeli parsley di nursery tanaman terdekat. Sayangnya, parsley belum ada di daftar koleksi saya T.T, Saya belum menemukan nursery yang menjualnya, mungkin karena Jakarta cenderung panas. Parsley membutuhkan suhu yang sedang untuk dapat tumbuh dan penyuka tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari. Memanen parsley sebelum berbunga akan menambah aroma terbaik dalam masakan.

2. Basil
Basil adalah herbal kuliner yang paling banyak digunakan dalam masakan dan pengobatan. Biasanya basil digunakan dalam makanan Asia dan Italia baik sebagai hiasan ataupun bumbu. Potong bunga basil untuk mendapatkan tanaman basil yang hijau lebat. Oh ya, basil ini penyuka sinar matahari. Pastikan ia mendapat sinar yang cukup untuk pertumbuhan terbaik. Akan lebih baik jika basil terpapar langsung sinar matahari. Tips untuk aroma basil terbaik: Jangan pernah mencucinya!


3. Mint
Tanaman herbal mint sangat banyak jenis dan kegunaannya. Kamu bisa memilih jenis mint yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari kamu apakah untuk teh, kue, atau makanan. Peppermint dan spearmint adalah jenis yang paling banyak ditanam. Bagi kamu yang nggak terlalu suka dengan aroma yang kuat, spearmint adalah pilihan terbaik. Seperti herbal lainnya, sifat alami mint adalah tanaman liar sehingga mint sangat mudah dalam perbanyakan dan perawatannya. Mint menyukai media yang porus dan terjaga kelembabannya. Tanam mint pada tempat yang tidak langsung terpapar matahari. Menanam mint di dalam pot kecil dapat menjadi hiasan cantik untuk ruangan kamu.


Herbs face Windows Kitchen


4. Oregano
Oregano adalah salah satu herbal kuliner yang utama. Herbal kuliner ini memiliki aroma dan rasa yang unik yaitu perpaduan pedas, pahit, dan memiliki efek menghangatkan. Oregano umumnya digunakan untuk makanan Timur Tengah, Asia, Amerika Selatan, dan Eropa. Seperti halnya mint, Oregano juga mudah ditumbuhkan. Untuk mendapatkan aroma dan rasa terbaik oregano, panenlah sebelum berbunga. Selain daunnya, bunga oregano juga memiliki aroma dan rasa yang sama dan dapat menjadi hiasan untuk makanan.

5. Rosemary
Rosemary adalah herbal kuliner yang sangat populer di Eropa dan biasanya dipakai sebagai bumbu untuk jenis masakan panggang, bakar, dan BBQ. Herbal kuliner ini mempunyai rasa dan aroma yang kuat sehingga menggunakan beberapa helai daun saja untuk masakan sudah cukup. Menumbuhkan Rosemary dari biji cukup membutuhkan usaha karena seringkali peluang kegagalannya tinggi. Akan lebih besar peluang keberhasilannya jika memperbanyak Rosemary dari stek. Letakan Rosemary pada tempat dengan intensitas paparan sinar matahari yang tinggi. Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, herbal kuliner yang satu ini juga cantik untuk pemanis ruangan.

Keuntungan menanam herbal kuliner di rumah selain kita bisa mendapatkan produk yang fresh juga pada akhirnya dapat menghemat beberapa rupiah untuk belanja di supermarket, lumayan ^_^ v

Anyway, buat bloggers yang menjalani gaya hidup sehat - entah itu diet nurunin berat body atau diet diabetes, yang pingin awet muda, yang pingin menurunkan potensi terkena kanker (ya maklum makanan masa kini suka banyak yg aneh2) atau bahkan yang sedang menjalankan terapi kanker, ada produk hasil anak bangsa nih 100% Indonesia yang patut dicoba. Beda dari produk lainnya. KLIK DI SINI Saya sendiri mengonsumsi dan merasakan manfaatnya. Minimal, nggak ada lagi jerawat karena metabolisme yang lebih baik.

Happy gardening !



No comments:

Post a Comment