10/11/2012

Home Gardening - Berkebun tanaman herbs di Rumah


Beberapa bulan terakhir saya lagi gandrung dengan tanaman herbal kuliner. Berhubung tanah babe saya di belakang rumah udah dijual 10 tahun yang lalu, jadilah nggak ada lahan yang cukup untuk menyalurkan hasrat berkebun saya. Tapi yang namanya udah hasrat ya bok, apapun dilakukan termasuk memanfaatkan lahan yang seadanya.


Jadilah saya memanfaatkan teras lantai atas rumah (yang bahasa kerennya Roof Top) untuk buat kebun kecil di rumah..hmm..bahasa kerennya home gardening. Istilah home gardening sendiri sebeneranya menggambarkan aktivitas berkebun yang dilakukan di rumah. Sebenernya teras atas itu dipakai juga untuk tempat jemuran. Selama masih ada lahan ya dimanfaatkan juga untuk tanaman. Pastinya tanaman herbalnya ditanam dalam pot ya. Tanaman herbal kuliner koleksi saya sejauh ini ada Basil, Timi (Thyme), dan Mint. Ada juga tanaman buah belimbing Dewi, Mangga manalagi, sawo, dan jambu. Saya rasa akhir-akhir ini orang-orang juga mulai sadar untuk melakukan penghijauan, termasuk salah satu caranya yaitu home gardening.

Tanaman Basil dalam Pot

Kebun tanaman buah dan herbal basil di lantai atas 

Memanfaatkan lahan untuk kebun mint


Tips berkebun herbal di lahan terbatas:
  1. Kenali jenis tanaman herbal anda, apakah penyuka paparan langsung sinar matahari ataukah penyuka tempat teduh yang cukup sinar matahari. Beberapa jenis tanaman herbal kuliner seperti Basil, Timi (Thyme), dan Rose Marry penyuka paparan langsung sinar matahari. Maka tempatkan mereka di tempat yang mendapatkan paparan langsung sinar matahari.
  2. Pastikan tanaman dalam pot anda mendapatkan air dan nutrisi yang cukup. Maklum, namanya juga tanaman dalam pot pasti nutrisinya ngga sebanyak kalau di tanam di tanah langsung.
  3. Pastikan tanaman anda aman dari gangguan hama. Biasanya hama yang saya temukan mengganggu tanaman herbal Timi saya adalah kutu putih. 

5 comments:

  1. mbak, basil,thyme,rosemary nggak boleh kebanyakan air, rosemary saya berubah coklat karena saya siram setiap hari. yang susah banget italian parsley, ga mau numbuh :(

    boleh bagi cara ampuh menghilangkan kutu putih nggak mbak? suka lari2 an di dalam tanah saya, daun cabe sy rontok smua

    thanks

    ReplyDelete
  2. Hai Mbak Christine,

    Iya mbak, basil, rosemary, dan timi ga suka kebanyakan air. Yang penting cukup air, jangan kering, jangan lembab :D

    Parsley pada dasarnya tanaman yang tumbuh di area beriklim sejuk. Menumbuhkan parsley dari biji memang sulit. Alternatifnya, mbak bisa mulai dari stek. Mungkin mbak bisa eksplorasi di Bandung dan sekitarnya untuk nursery atau pehobi yang menjual bibit stek parsley.

    Saya biasa menemukan kutu putih di ketiak daun dan tanah. Biasanya kalau jumlahnya sedikit saya membasmi dengan tangan. Tapi kalau banyak bisa pakai deterjen atau alkohol 70% disemprotkanke area di mana si kutu putih hinggap. Gunanya deterjen atau alkogol adalah untuk menghilangkan lapisan lilin si kutu. Kalau lapisan ini hilang, kemungkinan besar si kutu gak tahan panas dan mati.

    Begitu, semoga membantu ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. iya, parsley sampai sy masukin ke kamar ikut pake AC ;) cara stek kendala saya agak susah cari italian parsley bahkan di supermarket yg besar2 di jakarta. sy coba terus deh mbak.

    oke mbak, makasih infonya ya!

    ReplyDelete
  4. kalau basil ada hamanya nggak ya?

    ReplyDelete
  5. mbak, dapet bibit herbalnya dari mana ya? saya mau dong... saya domisili di purwakarta

    ReplyDelete