2/16/2013

Cara Buat Masker Dari Daun Mint Untuk Wajah Berjerawat

Masker Wajah Berjerawat dari Daun Mint
Paparan polusi udara Jakarta sukses membuat wajah saya jerawatan setelah bertahun-tahun nggak jerawatan. Saya jadi lebih rajin merawat muka memakai bermacam bahan alami yang bisa dipakai untuk memberantas jerawat yang membabi buta. Salah satunya memakai masker wajah yang terbuat dari sari daun mint yang dicampur dengan tepung beras. Masker ini ide mama saya yang gemas melihat jerawat di muka saya ^^' 

Oh, by the way, masker ini ga harus buat yang jerawatan sih. Kandungan antioksidan daun mint bagus juga buat yang mau kulitnya sehat dan muda (baca: Manfaat Daun Mint). Gampang kok buatnya.




Bahan:

1. Beras
2. Daun mint kering
3. Air mineral

Dari mana bisa dapat daun mint kering? Beli saja daun mint di supermarket (kalau yang punya tanamannya tinggal petik)  lalu dikeringanginkan. Jangan sampai terpapar langsung dengan matahari ya. Atau beli saja daun mint kering, coba tanya mbah Google.

Pertama-tama, kita buat dulu sediaan sari daun mint dan tepung berasnya. Kenapa buat sediaan? biar gampang kalau besok-besok mau pakai masker lagi. Caranya:

Daun mint kering

1. Ambil sejumput daun mint kering, taruh dalam gelas. Larutkan dalam air panas sebanyak 150 ml. Tutup gelas dan tunggu hingga larutan berubah warna, kurang lebih 10 menit.

2. setelah berubah warna, saring daunnya untuk diambil airnya. Taruh air seduhan daun mint di dalam botol atau wadah gelas yang ada tutupnya. Simpan dalam lemari es.


    sediaan air daun mint
3. Blender beras ketan. Berapa banyak? dikira-kira aja buat sediaan. setelah diblender, ayak tepung beras supaya lebih halus lagi. Tempatkan tepung beras di dalam wadah kedap udara. 

Kalau nggak mau repot, tinggal pakai masker siap pakai The Nature Corner. Masker itu berbahan dasar beras hitam - yang notabene manfaatnya untuk kulit lebih dahsyat dari beras biasa. Udah banyak yang nyoba dan berlangganan, bisa lihat testimoninya di sini.

Nah, sudah jadi sediaanya. 

Sekarang cara buat maskernya:
1. Ambil kira-kira 1 1/2 sendok teh tepung beras taruh pada wadah.

2. Tuang kira-kira 2 sendok makan air daun mint. Campurkan dengan tepung beras.
Tepung beras campur air daun mint

3. Aduk rata adonan masker. Kalau adonan terlalu pekat, bisa   ditambahkan lagi air daun mintnya sampai kekentalan adonannya pas. Jangan sampai terlalu encer.

Masker siap dipakai ^^v

Masker bisa dioleskan pada wajah memakai kuas atau jari. Kalau pakai jari, pastikan tangan sudah bersih ya ^^.

5 comments:

  1. Nice tips buat cewek2 ni.. hehehe
    Put, tukeran link ya, link blog ini udah aku pasang di blogku. chandratama.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Dingin semriwing kali ya/......
    hehehe

    ReplyDelete
  3. makasi ya...
    mau coba nih...
    biar g dibilang "si ratu matahari" lagi gara2 muka kusam :)
    :(

    ReplyDelete
  4. Hi... jika ga ada lemari es, apakah air rendaman mint boleh di simpan di luar lemari es ?

    ReplyDelete
  5. Hai Maria, sebaiknya simpan di dalam lemari es supaya lebih awet. Menyimpan di luar lemari es tidak tahan lama, jadi sebaiknya bikin persediaan tidak usah banyak. Misal, cukup untuk 3 hari

    ReplyDelete