2/03/2013

Jual Herbs Rosemary, Pengusir Nyamuk


Romarinus officinalis atau Rosemary. Nama yang agak 'manusia' ya untuk sebuah tanaman. Sampai-sampai saya berpikir boleh juga nih nama dipake untuk nama anak perempuan kalau saya punya anak NANTI. Oke balik lagi ke si Rosemary. Jadi, kenapa ya namanya Rosemary? Menurut mitos, suatu ketika perawan Maria ingin beristirahat, Ia menggelar jubah birunya sebagai alas tidur di atas semak-semak tanaman rosemary (yang dulu entah namanya apa) yang berbunga putih. Saat jubah digelar di atasnya, bunga yang putih berubah menjadi biru dan disebutlah "Rose of Mary" atau Rosemary.

Tanaman Rosemary adalah tanaman yang banyak di jumpai di Spanyol, Portugis, dan daerah Mediterania. Di Eropa dan Mediterania, tanaman Rosemary biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk makanan seperti daging bakar. Aroma Rosemary kuat dan berbau rempah dengan rasa agak pahit, membuat tanaman ini menjadi bumbu penyedap masakan yang populer.



Selain sebagi bumbu masak, tanaman ini memiliki manfaat obat yaitu untuk memperkuat daya ingat dan mengandung anti oksidan. Karena manfaat obatnya itu, pada abad pertengahan di barat, Rosemary kerap diikutsertakan dalam acara perkawinan sebagai simbol "pengingat" atau "rememberance". Maksudnya biar si pasangan yang menikah ini inget terus kali ya bahwa mereka sudah menikah, biar awet gitu pernikahannya.

Tanaman Rosemary yang berhasil dibibitkan, koleksi di rumah saya
Rosemary, ayang-ayangku ^^, di rooftop garden rumah
Kalau di Indonesia, Tanaman Rosemary dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk selain zodia. Agak nggak ngeh juga saya awalnya waktu pergi ke lapak tanaman dan si penjual bilang "oh, Rosemary yang pengusir nyamuk itu yah..". Setahu saya Rosemary tanaman bumbu dan obat :D dan ternyata eh ternyata, tanaman ini susah juga dicari -___-'

Tapi saya punya nih koleksi tanaman herbs Rosemary..hehhehe...ada 10 tanaman. Menambah koleksi tanaman herbs saya di rumah. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan stek dan sebenarnya lebih mudah membibitkan rosemary dari stek ketimbang dari benih.

Rosemary di rooftop rumah saya
Tanaman Rosemary tinggi mencapai 30 centimeter
Untuk perawatan Rosemary terbilang mudah. Herbs Rosemary suka cahaya matahari. Jadi, lebih baik ditaruh ditempat yang langsung terpapar sinar matahari. Kalau mau ditaruh di dalam ruangan sih bisa aja, asalkan masih ada cahaya matahari yang masuk jadi ruangan ga remang-remang atau ga gelap meskipun nggak terpapar sinar matahari langsung. Tanaman herbs ini membutuhkan pencahayaan 6 jam setiap hari untuk bisa berbunga dengan normal (selain kecukupan nutrisi tentunya). Nah, kelembaban media juga harus dijaga. Jangan sampai media lembab atau terlalu kering.

Herbs Rosemary saya ini udah berumur sekitar 3-4 bulanan. Sok atuh kalo ada yang mau silahkan kontak saya aja di putrisekarp@gmail.com. Kebetulan, ada kelebihan bibit di rumah, jadi saya mau jual bibit rosemary ke agan dan sist yang tertarik :D

Oh, ya lokasi saya di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Update:
Rosemarry sudah habis. Sekarang saya sedang menggarap bisnis beras sehat Nutrice (@NutriRice)

BACA JUGA:
SI HITAM ANTIKANKER DAN ANTIDIABETES

3 comments:

  1. Harga bibitnya brp mbak ?
    slain rosemarry ada bibit herbs apa lg?

    ReplyDelete
  2. cara stek nya gmn mbak? aku sering nyetek kok ga sukses2 ya, mati kering gitu.

    ReplyDelete