2/11/2013

Manfaat Daun Mint (Peppermint)


Selain karena hobi, akhirnya pada suatu titik saya pun bertanya2 'ngapain ya repot-repot nanem mint di rumah? hobi doang gitu?' didorong rasa penasaran, saya pun bertanya pada mbah Google manfaat daun mint. wuiiihh...ternyata tanaman yang aromanya semeriwing ini punya banyak manfaat lho. Apa aja ya manfaat daun mint?? Nih, saya bagi infonya :D


Untuk kesehatan
  • Daun mint mengandung banyak derivat senyawa kimia yang diketahui sebagai antioksidan, pencegah penyakit dan memperkuat antibodi. Total kekuatan anti oksidan dalam mint (peppermint) yaitu 13978 µmol TE/100 g. Yang mau awet muda rutinlah mengkonsumsi mint ^^
  • Daun mint kaya akan minyak esensial, vitamin, serat, dan tidak mengandung kolesterol. Oleh karena itu, mint juga dapat membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah.
  • Daun mint kaya akan minyak esensial sepertili mentol, menthone dan mentol asetat. Senyawa-senyawa tersebutlah yang menyebabkan sensasi dingin saat dimakan, dihirup atau diaplikasikan pada kulit.
  • Minyak esensial yang dikandung daun mint juga diketahui berfungsi sebagai analgesik atau pereda sakit (pain killer), anestesi lokal dan zat pelawan iritasi. 
  • Daun mint merupakan sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi, mangan dan magnesium. Dalam 100 g peppermint segar mengandung 569 g kalium. Kalium seperti kita ketahui, merupakan komponen penting pada cairan dan sel-sel tubuh yang mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
mint (peppermint)

Untuk kuliner

Daun mint selain bermanfaat untuk kesehatan, juga telah lama digunakan dalam dunia kuliner. 
  • Daun mint banyak digunakan dalam teh herbal
  • Daun mint digunakan sebagai aroma dasar dalam es krim dan penganan lainnya.
  • Biasanya bersamaan dengan parsley, daun mint digunakan sebagai garnish atau hiasan pada makanan.
  • Daun mint juga digunakan dalam sup dan saus.
  • Daun mint segar yang dicincang biasanya menjadi tambahan yang menyegarkan dalam salad.
Nah, sebelum digunakan, basuh daun mint dengan air agar bebas dari debu, kotoran dan residu pestisida. Buat yang memiliki tanaman mint di rumah dan tidak memakai pestisida, tentu tak perlu khawatir adanya residu ^o^

Tanaman Mint di rooftop garden rumah saya 

Untuk kecantikan

Daun mint kering dapat digunakan sebagai masker pendingin wajah. Caranya yaitu seduh mint kering dengan air panas. Tunggu hingga agak dingin, kemudian basuh pada wajah. Masker ini sangat baik untuk wajah berjewat. 

'di mana beli daun mint kering?' Google saja, biasanya banyak penjual online yang menawarkan daun mint kering.


Nah, bagaimana lumayan kan kalau punya tanaman mint di rumah :D Bagi yang tertarik memelihara tanaman mint, silahkan lho hubungi saya untuk info dan pemesanan :D

BACA JUGA: 












5 comments:

  1. Bagaimana caranya saya bisa memesan tanaman? Apakah ada no. telpon atau pin BB? Thanks. Hobby

    ReplyDelete
  2. Saya Ada jual bibit mint
    Pin Bb 32A8255B

    ReplyDelete
  3. Saya Ada jual bibit mint
    Pin Bb 32A8255B

    ReplyDelete
  4. Saya jual bibit mint di pekanbaru 082381872290

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di pekanbaru mau beli bibit mint dimana ya ? Tolong info nya ya. Terimakasih

      Delete